• December 11, 2023

Warga Jerman Kaget Lihat Sepak Bola Indonesia

BolaMilenia.com – Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, menyebut kalau warga Jerman merasa kaget melihatantusiasme yang tinggi sepak bola Indonesia. Hal itu terlihat ketika salah satu tv Jerman membuat video dokumenter dirinya selama melatih Persija.

Hadirnya Thomas Doll di sepak bola Indonesia tentu menjadi pusat perhatian tersendiri bagi warga Jerman. Apalagi, Thomas merupakan salah satu pelatih berpengalaman di sana, pernah menangani sejumlah tim besar, seperti Borussia Dortmund.

Buktinya, musim lalu ada salah satu stasiun televisi Jerman mengabadikan setiap momen Thomas Doll selama di Indonesia. Dari tayangan dokumenter tersebut, masyarakat Jerman pun menurut Thomas terkejut dengan atmosfer Indonesia dan antusiasmenya kepada sepak bola Indonesia.

“Ini adalah salah satu bagian dari dunia, semua orang suka sepak bola. Karena ketika kamu ada di Jerman, kamu tak tahu, kamu tak akan mendengar tentang Indonesia, Jakmania, mereka sangat terkenal di sini,” kata Thomas dikutip dari Astro Arena.

Thomas Doll Heran dengan Cara Main PSM: Memalukan
Persija

“Saya tak punya akun Instagram, Twitter, media sosial, cuma WhatsApp. Ini sangat menarik, kami punya dokumentasi di sini musim lalu dari salah satu TV Jerman, mereka selalu berada bersama saya di dalam atau luar lapangan, setiap orang di Jerman sangat suka dengan dokumentasi ini karena mereka tak tahu ada apa di Indonesia, setiap orang terkejut, oh mereka juga bermain sepak bola, jadi saya sangat senang dengan ini,” sambung dia.

Thomas Doll Merasa Terkesan

Jelas, Thomas merasa sangat terkesan sampai saat ini. Ini spesial karena dirinya sangat jauh dari rumahnya di Jerman sana. Tapi, dia menemukan kebahagiaan semenjak tiba di Jakarta.

“Jadi kami bermain bola untuk mereka dan kami memiliki suporter fantastis. Semua tahu tekanan dari suporter, tentu tapi pesepak bola akan bermain lebih baik dengan tekanan ketimbang tanpa tekanan, jadi kami tahu apa yang harus kami lakukan untuk memberikan sesuatu kepada mereka. Untuk saya ini sangat istimewa melihat ini semua karena saya berada 15000 kilometer dari rumah,” tuntas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *