• February 23, 2024

Shin Tae-yong Heran Gol Kedua Irak Tak Dianggap Offside

BolaMilenia.com – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku heran dengan disahkannya gol kedua Irak. Namun, dia tetap memuji permainan skuad Garuda meski harus mengakui keunggulan Irak dengan skor 1-3 pada laga perdana di grup D Piala Asia 2023, di Stadion Ahmad bin Ali, Al-Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2023).

Irak mampu unggul lebih dahulu berkat gol Mohamad Ali Kadhim pada menit ke-17. Pada menit ke-36, gol balasan akhirnya lahir melalui serangan balik cepat. Umpan tarik mendatar Yakob Sayuri dari sisi kanan disambut Marselino Ferdinan yang berdiri bebas di tiang jauh untuk membobol gawang Irak.

Akan tetapi, mental yang tengah meninggi langsung anjlok lagi akibat gol kontroversial Irak yang lahir pada pengujung babak pertama. Osama Rashid mencetak gol memanfaatkan umpan silang. Namun, sebelum situasi gol itu, sempat ada momentum ketika pemain Irak berada dalam posisi yang sangat jelas offside.

Akan tetapi, wasit Ilgiz Tantashev asal Uzbekistan yang mendapat masukan dari VAR tetap mengesahkan gol tersebut. Irak akhirnya menutup paruh pertama dengan keunggulan 2-1, dan mampu menambah keunggulan sekaligus menutup skor menjadi 3-1 pada menit ke-75 melalui gol Ayman Hussein.

Shin Tae-yong Anggap Wasit Buat Keputusan Keliru

Timnas Indonesia vs Irak offside VAR Piala Asia 2023 - X
X

Shin Tae-yong mempertanyakan dengan keputusan wasit yang mengesahkan gol kedua Irak yang dicetak oleh Osamah Rashid. Menurutnya, pemain Irak lainnya yakni Mohanad Ali sudah ada dalam posisi offside sebelum terjadinya gol.

“Saya tidak tahu mengapa gol kedua tidak dianggap offside. Itu 100 persen offside, jika ini adalah benar keputusan yang salah dari wasit, kami menyayangkan itu, apalagi terjadi di momen penting,” ujar pelatih yang akrab disapa STY itu.

Terlepas dari kontroversi tersebut, STY tetap memuji permainan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan. Dia juga memberi ucapan selamat atas kemenangan kedua Irak dalam dua perjumpaan terakhir melawan Indonesia di bawah asuhannya.

“Pertama-tama, selamat untuk tim Irak yang menang dalam laga ini. Meski begitu, timnas Indonesia menunjukkan perjuangan terbaik, dan performa yang bagus di laga ini,” kata Shin Tae-yong.

Seusai menghadapi Irak, Indonesia akan bertemu dengan Vietnam di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1/2023) mendatang. Kemenangan wajib didapat jika ingin menjaga asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *