• December 11, 2023

Sah Jadi WNI, Rafael Struick Ngebet Lawan Argentina?

BolaMilenia.com – Salah satu pemain naturalisasi Rafael Struick tidak sabar berbaju Timnas Indonesia setelah sah menjadi WNI usai menjalani sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham, Jakarta, Senin (22/5). Bukan tidak mungkin pemain 20 tahun itu ngebet melawan Argentina.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Argentina dalam FIFA matchday periode Juni 2023. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh federasi sepak bola Argentina (AFA) di laman resminya, Senin (22/5/2023).

Rafael Struick tidak sendiri diambil sumpahnya sebagai WNI. Pemain berdarah Belanda itu menjadi WNI bersama rekannya Ivar Jenner.

Pada awalnya, Rafael Struick dan Ivar Jenner dipersiapkan Pelatih Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Tetapi, FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia yang membuat Garuda Nusantara batal tampil di kejuaraan tersebut.

Tidak perlu khawatir, sebab ada sejumlah kejuaraan yang bisa diikuti dua pemain tersebut. Yang terdekat ada FIFA matchday. Timnas Indonesia dijadwalkan melawan Palestina dan juara dunia Argentina pada pertengahan Juni 2023.

Ivar Jenner dan Rafael Struick 2- PSSI
PSSI

Bukan tidak mungkin Pelatih Shin Tae-yong memanggil dua pemain ini untuk ikut serta. Pasalnya, juru formasi asal Korea Selatan tersebut sangat menyukai pemain-pemain muda berbakat.

Rafael Struick mengaku sudah tidak sabar menanti panggilan ke Timnas Indonesia. Pemain ADO Den Haag itu pastinya bakal mengerahkan kemampuan terbaik andai dipercaya bermain oleh pelatih.

“Saya sudah tidak sabar juga untuk melakukan pemusatan latihan bersama timnas Indonesia,” kata Rafael dilansir dari laman PSSI, Senin (22/5/2023).

Rafael Struick Bersyukur Proses Naturalisasi Sudah Selesai

Lebih lanjut, Rafael Struick bersyukur prosesnya menjadi WNI secara hukum akhirnya selesai. Tinggal selangkah lagi yakni perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI dilakukan agar bisa membela Timnas Indonesia.

“Saya hanya mau ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir di sini. Ini adalah hari yang spesial buat saya, buat keluarga saya, sama seperti Ivar,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *