• February 24, 2024

Proses Naturalisasi Selesai, Ivan Jenner dan Rafael Struick Jadi WNI

BolaMilenia.com – Ivan Jenner dan Rafael Struick telah menjalani pengambilan sumpah di Jakarta, pada Senin (22/5/2023). Setelah pengambilan sumpah, maka kedua calon pemain Timnas Indonesia ini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Setelah menjalani proses yang cukup panjang, akhirnya Ivan Jenner dan Rafael Struick resmi menjadi WNI. Keduanya telah menjalani pengambilan sumpah menjadi WNI pada Senin (22/5/2023). Pengambilan sumpah dilakukan di Kantor Wilayah Kemekumham, Jakarta.

Kedua pemain kelahiran Belanda itu datang ke dengan menggunakan jas hitam, celana panjang hitam, peci hitam, kemeja putih, dan dasi merah. Keduanya dengan lantang mengucapkan sumpah untuk menjadi warga Indonesia.

Acara pengambilan sumpah Jenner dan Struick diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang pemberian status Warga Negara Indonesia untuk Jenner dan Struick.

Shin Tae yong Merekomendasikan Ivan Jenner dan Rafael Struick Untuk Dinaturalisasi

Pelatih Tim Nasional Indonesia U-20, Shin Tae yong merekomendasikan Jenner dan Struick untuk dinaturalisasi. Kedua pemain ini rencananya diplot untuk memperkuat Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Shin Tae-yong Pilih Rafael Struick, Bagaimana Nasib Zico Soree?
PSSI

Meski turnamen tersebut gagal diselenggarakan di Indonesia, kedua pemain tersebut tetap memilih untuk menjadi warga Indonesia. Mereka melalui serangkaian proses untuk bisa mendapatkan kewarganegaraan Indonesia.

Selain dua nama tersebut, ada satu nama lain yang juga masuk daftar naturalisasi. Dia adalah Justin Hubner. PSSI memilih untuk tidak melanjutkan proses naturalisasi karena tidak bisa memenuhi permintaan dari kubu Hubner.

Ivan Jenner merupakan pesepakbola muda kelahiran Utrecht, Belanda, 10 Januari 2004. Saat ini ia memperkuat klub Jong Utrecht sebagai seorang gelandang. Sementara Rafael Struick lahir di Leidschendam, Belanda, pada 20 tahun yang lalu. Saat ini ia bermain untuk klub ADO Den Haag.

Meski gagal tampil di Piala Dunia U-22, kedua pemain ini berpeluang memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Babak kualifikasi ini akan berlangsung di Indonesia pada 4 hingga 12 September 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *