• February 23, 2024

Petisi Desak PSSI Segera Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

BolaMilenia.com – Dukungan untuk pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), terus disuarakan sejumlah pihak. Termasuk melalui kemunculan petisi yang mendesak agar PSSI segera memperpanjang kontrak pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Petisi tersebut dimulai oleh Komunitas Indonesia Pride, melalui penanggungjawabnya, Divo Sashendra. Ini adalah komunitas pendukung Timnas Indonesia yang aktif di media sosial Instagram dan Twitter (kini X).

Divo juga dikenal sebagai penggerak Garuda Revolution, kelompok suporter Timnas Indonesia yang memiliki cukup banyak pengikut di instagram. Dalam petisinya Divo menyebut suara mayoritas suporter ingin kontrak Shin diperpanjang.

“Petisi ini dibuat karena mayoritas pendukung Timnas Indonesia di media sosial mendukung perpanjangan kontrak STY sesegera mungkin,” tulis Divo terkait alasan petisi ke PSSI, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

“Dan adanya rekam jejak terhadap kebiasaan PSSI untuk mengganti pelatih saat proses Timnas sedang sangat baik seperti era Luis Milla adalah hal yang sangat mencemaskan kami sebagai suporter Timnas,” sambung dia.

Menurutnya, pencapaian STY bersama timnas Indonesia sudah sangat luar biasa. Selain permainan yang meningkat, STY juga dinilai sukses saat membawa timnas tampil di Piala Asia 2023 (2024).

“Jadi, seharusnya tidak ada lagi alasan PSSI menunda atau mengulur-ulur waktu untuk perpanjangan kontrak STY, karena yang kami khawatirkan akan ada negara-negara lain yang akan melakukan penawaran,” ujarnya lagi.

Petisi Dukung Shin Tae-yong Sudah Ditandatangani Lebih dari 50 Ribu

Petisi PSSI perpanjang kontrak Shin Tae-yong - Changeorg
Change.org

Sampai Kamis (1/2/2023) pukul 17:00 WIB, petisi di Change.org itu sudah ditandatangani 51.617 orang. Dukungan ini semakin deras menyusul ketidakpastian dari PSSI terkait masa depan Shin tae-yong, yang kontraknya akan habis pada Juni mendatang.

Apalagi, STY sempat mengaku sudah mendapat tawaran untuk melatih di tempat lain. Di sisi lain, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, justru menanggapi santai kabar itu dengan mengatakan bakal tetapa profesional sesuai apa yang sudah disepakati.

STY, sejak resmi melatih timnas Indonesia pada akhir 2019, memang belum bisa mempersembahkan gelar juara. Akan tetapi, bagi sebagian besar suporter, prestasi yang dicapai sejauh ini sudah memuaskan, termasuk membawa Indonesia untuk pertama kali lolos ke babak 16 besar Piala Asia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *