• March 2, 2024

Nadeo Argawinata Akhirnya Dipanggil untuk Piala Asia 2023

BolaMilenia.com – Kejutan dilakukan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, jelang laga perdana Piala Asia 2023. Pergantian pemain kembali dilakukan tiba-tiba. Kali ini dengan memanggil Nadeo Argawinata untuk menggantikan Syahrul Trisna.

Penyebabnya, Syahrul Trisna mengalami cedera sehingga tak bisa bermain di Piala Asia 2023. Dengan tersisa dua kiper, Ernando Ari Sutaryana dan Muhammad Riyandi, STY terpaksa memanggil nama baru ke dalam skuad.

Alhasil, Nadeo yang sempat tak dibawa dalam pemusatan latihan di Turki, akan bertolak ke Qatar pada Minggu (14/1) malam ini. Padahal, Nadeo awalnya sempat tersingkir dari skuad timnas setelah kekalahan 1-5 dari Irak pada kualifikasi Piala Dunia 2026.

Ketika itu, Nadeo dianggap bermain buruk hingga kebobolan 5 gol dari lima percobaan shot on target yang dilepaskan para pemain Irak. Kritik dan cercaan pun banyak diterima Nadeo dari para penggemar timnas Indonesia di media sosial.

Nadeo Argawinata Sempat Tercampakkan

Meski begitu, ketika STY memutuskan tak membawa Nadeo ke Turki, tidak sedikit pula yang menyayangkan. Terlebih, Nadeo masih dianggap salah satu kiper terbaik yang juga tampil konsisten bersama klub dan juga timnas.

Namun pada akhirnya takdir tetap memihak Nadeo. Syahrul, yang sempat dipertanyakan pemanggilannya karena tengah jarang dimainkan di klubnya, Persikabo, terpaksa dicoret lantaran cedera.

Saddil Ramdani, Syahrul trisna, Marc Klok, timnas Indonesia - PSSI
PSSI

Ini merupakan perubahan skuad final kedua timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Sebelumnya juga terjadi perubahan dengan masuknya Adam Alis yang menggantikan Saddil Ramdani dalam skuad yang didaftarkan ke AFC.

Tapi, STY agaknya tetap akan lebih memercayai Ernando untuk mengawal gawang Indonesia pada pertandingan perdana. Skuad Garuda akan melakoni laga perdana pada Senin (15/1) melawan Irak di Stadion Ahmad bin Ali, Doha.

Di ajang Piala Asia 2023, Indonesia berada di grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang. Setelah melawan Irak, Indonesia berturut-turut akan menghadapi Vietnam dan Jepang setelahnya.

PSSI dan pelatih Shin Tae-yong optimistis skuad Garuda bisa lolos ke babak 16 besar sesuai target yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *