• March 2, 2024

Kok Ngambek Sih? Pemain Ini Mogok Latihan Karena Ingin Pindah Klub

Layaknya anak kecil yang merengek apabila tidak dituruti kemauannya. Analogi tersebut ternyata berlaku juga lho di pemain sepakbola. Faktanya tak jarang para pemain ngambek kepada klubnya karena permintaannya untuk pindah klub dihalang-halangi.

Sikap ngambek para pemain tersebut biasanya ditandai dengan mogok latihan atau tiba-tiba hilang ditelan bumi tanpa alasan yang jelas. Bak anak kecil, para pemain ini memainkan jurusnya agar segera mungkin keinginannya untuk pindah klub terpenuhi. Nah, berikut ini adalah beberapa pemain tersebut.

Daniel Alves

Di tahun 2007 bek kanan sensasional Sevilla Dani Alves dikabarkan akan segera hengkang ke Liga Inggris dikarenakan Chelsea sudah ingin menebusnya sekitar 21,5 juta pounds.

Namun nyatanya oleh Presiden Sevilla Jose Maria Del Nido, tawaran itu ditolak mentah-mentah. Alves pun geram dan hubungannya dengan presiden klub makin merenggang. Berkat itu pula Alves mangkir dari latihan jelang kualifikasi Liga Champions melawan AEK Athens.

Dan benar saja, ia menghilang dari skuad yang terbang ke Yunani. Hilangnya Alves tersebut juga ternyata sampai pada laga pembuka La Liga melawan Getafe. Presiden Del Nido pun marah bukan main, dan menganggap Alves indisipliner.

Jalan tengahnya Alves mengaku terpaksa bertahan di Sevilla musim itu. Tapi bukan karena desakan Del Nido, melainkan karena sikap empatinya kepada rekan setimnya Antonio Puerta yang meninggal dunia musim itu. Maka dari itu, di tahun berikutnya 2008, Alves benar-benar hengkang tapi ke Barcelona.

Luka Modric

Begitupun yang terjadi pada Luka Modric ketika di Spurs. Modric geram ketika dirinya selalu saja dihalang-halangi pergi oleh “si botak” pemilik Spurs, Daniel Levy. Padahal tawaran dari Chelsea dan Real Madrid pada tahun 2012 silam sudah sangat menggiurkan.

Modric pun akhirnya ngambek dan mangkir dari sesi latihan. Ia kemudian tak ikut dalam rombongan ke Amerika untuk melakoni laga pramusim. Mengetahui kelakuan gelandang Kroasia tersebut, Levy pun tak segan menghukumnya. Apes, Modric malah kena denda sebesar 80 ribu pounds.

Modric awalnya mencoba bersikap damai dengan Levy. Dilansir The Sun dirinya mengaku sudah meminta maaf atas perlakuannya tersebut. Tapi apa yang terjadi setelah itu? Pada Agustus 2012, Modric malah benar-benar dilepas ke Real Madrid. Levy ternyata tak kuasa menerima tawaran menggiurkan dari El Real.

Ousmane Dembele

“Si kaki kaca” Ousmane Dembele juga pernah melakukan jurus menghilang dari klub ketika tawaran menggiurkan dari Barcelona pada 2017, awalnya ditolak mentah-mentah oleh pihak Dortmund.

Di saat mencari pengganti Neymar yang hengkang ke PSG, Barca terus memburu Dembele. Dembele yang mengetahui dihalang-halangi pihak Dortmund, sengaja menghilang tanpa jejak. Ya, Dembele menghilang dan tak bisa dihubungi lewat telepon sama sekali oleh pihak klub.

Direktur Dortmund, Michael Zorc pun angkat bicara. Pihaknya dengan tegas akan menyanksi sikap Dembele tersebut. Bahkan Zorc meminta agar pemain tersebut sekalian tak usah dimainkan di Bundesliga biar kapok.

Zorc membenarkan bahwa Dembele hilang tanpa ijin, dan itu dianggapnya sebagai sikap yang membangkang. Jalan tengah tak dicapai, dan klub terpaksa menjualnya. Dembele akhirnya benar-benar pindah ke Barcelona dengan harga yang fantastis.

Riyad Mahrez

Jurus yang sama ternyata pernah juga dipraktekkan pemain Leicester City, Riyad Mahrez, setelah mengetahui dirinya diinginkan oleh pelatih sekaliber Pep Guardiola pada Januari 2018. Mahrez yang ditolak kepindahannya oleh Leicester sampai depresi hingga akhirnya mangkir dari latihan selama beberapa hari.

Pelatih Leicester saat itu, Claude Puel tak menggubris sikap pemainnya tersebut. Ia ketika ditanya media, mengaku lebih mementingkan kesatuan tim ketimbang individu pemain saja. Setelah kepindahannya tak terwujud di musim dingin, Mahrez legowo dengan muncul lagi jelang laga melawan Manchester City pada 10 Februari 2018.

Ia mendapat sorakan positif dari kedua fans di Etihad ketika masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua. Itulah penampilannya kembali setelah aksi pemogokannya. Sikap setengah hati pada Leicester selama menuntaskan musim tersebut, membuat klub akhirnya rela melepasnya ke City di musim baru 2018/19.

Antony

Musim lalu kabar mengejutkan datang dari MU ketika mereka semakin dekat untuk mendapatkan tanda tangan pemain Ajax, Antony. Meski dalam prosesnya, Ajax memainkan harga agar mencari deal yang terbaik.

Maka dari itu, awalnya Ajax berusaha menghalang-halangi Antony untuk pindah. Mengetahui beberapa kali tawaran MU itu ditolak, Antony malah memilih mangkir dari sesi latihan jelang bergulirnya musim baru 2022/23.

Antony bahkan dikeluarkan dari skuad pada laga melawan Utrecht di Eredivisie 28 Agustus 2022. Sang pemain diketahui menghilang dan dicurigai sedang menyelesaikan transfernya ke MU. Benar saja, kejadian sudah Antony di akhir bursa transfer hijrah ke MU dengan nilai yang fantastis.

Moises Caicedo

Di musim baru ini, Moises Caicedo juga melakukan hal serupa. Pemain Ekuador yang laris manis di pasar transfer musim ini, sempat ngambek dan absen di sesi latihan maupun di laga pramusim melawan Rayo Vallecano. Tapi kalau menurut pihak klub, Caicedo absen karena cedera.

Setelah ditelusuri menurut sumber terdekat di lingkungan si pemain, absennya Caicedo tersebut ternyata karena sedang menjajaki kepindahannya. Mengingat selama ini tawaran dari Chelsea terus ditolak Brighton. Masih dari sumber yang sama, Caicedo sebenarnya sudah mengemasi barang-barangnya dari Brighton.

Memang sih Brighton ini tak mau melepas Caicedo jika belum mencapai tawaran 100 juta. Namun tak disangka juga sih, di akhir periode transfer musim panas ini “si paling kaya” Chelsea ternyata berani menebusnya.

Randal Kolo Muani

Musim ini ada lagi pemain yang ngambek dan mogok latihan gara-gara klubnya menghalang-halanginya untuk pergi. Ya, dia adalah Randal Kolo Muani, striker Timnas Prancis dari klub Eintracht Frankfurt.

Diketahui Kolo Muani ini dijadikan bidikan serius oleh PSG musim ini. Nilai tawaranya pun tergolong tinggi yakni sekitar 80 juta euro. Penolakan Frankfurt pada tawaran PSG tersebut nyatanya berbuah aksi mogok dari sang pemain. Klub bahkan telah mengeluarkan pernyataan resmi jika Kolo Muani menolak berlatih jelang laga leg kedua melawan Levski Sofia di babak playoff Conference League.

Direktur olahraga Frankfurt, Markus Krosche mengaku menyesal dan kecewa atas sikap indisipliner pemain Prancis tersebut. Krosche juga bilang bahwa kini semua akan terserah pada sikap sang pemain. Pihak klub hanya bisa memberikan jalan yang terbaik.

Matheus Nunes

Yang terbaru lagi ada Matheus Nunes. Pemain Wolves yang kini dikabarkan sudah hijrah ke Manchester City dengan nilai transfer 55 juta pounds plus add ons 5 juta pounds.

Namun awalnya tak semudah itu Wolves melepasnya. Klub mengaku masih ingin bernegosiasi dengan harga yang tepat. Di sisi lain, Nunes pun semakin yakin bisa pindah, dan jadi ogah-ogahan bermain untuk Wolves. Ia pun melakukan jurus mogok latihan jelang laga melawan Blackpool di Piala Liga 30 Agustus 2023.

Ia benar-benar hilang dari skuad pada laga tersebut. Hal itu benar-benar mengindikasikan bahwa ia sedang menuntaskan proses kepindahannya ke City. Awalnya sih kata manajemen Wolves, sikap indisipliner Nunes yang mogok latihan itu akan segera disanksi. Namun sanksi tersebut tak kunjung diberikan. Yang ada malah kesepakatan transfer kedua belah pihak mencapai titik temu.

Sumber Referensi : eurosport, dailymail, mirror, espn, skysports, dailymail, eurosport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *