• March 2, 2024

Kedua Tim Lama Tak ke Partai Puncak

BolaMilenia.com – Liga Konferensi Eropa sudah memiliki kontestan di partai final. Kedua tim yang akan berlaga di partai puncak adalah wakil Inggris, West Ham United dan wakil Italia, Fiorentina, yang mana kedua tim sudah sangat lama tak berlaga di partai puncak kompetisi Eropa.

West Ham United harus menunggu selama 47 tahun untuk bisa kembali berlaga di final kompetisi Eropa. Terakhir kali The Hammers menembus final di Eropa, terjadi di musim 1975-76 ketika harus puas menjadi runner-up di ajang Piala Winners.

Jika dilihat secara keseluruahn, Final Liga Konferensi Eropa musim ini menjadi yang ketiga kalinya sepanjang sejarah bagi West Ham. Dua final sebelumnya terjadi di Piala Winners, di mana West Ham berhasil meraih satu gelar juara.

Sementara itu bagi Fiorentina, mereka bisa kembali ke final kompetisi Eropa untuk pertama kalinya sejak 33 tahun lalu. Saat itu di musim 1989-90, La Viola lolos ke partai puncak kompetisi Liga Europa, yang masih bernama Piala UEFA.

Sebelumnya, Fiorentina sudah tampil di empat final kompetisi Eropa dengan koleksi satu gelar juara, yakni pada Piala Winners 1961. Tiga final lain berakhir dengan kekalahan, yakni satu kali di Liga Champions, satu di Piala Winners, dan satu di Liga Europa/Piala UEFA.

Final Liga Konferensi Eropa 2023 sendiri akan digelar pada Juni mendatang. Laga antara Fiorentina kontra West Ham tersebut akan digelar di Fortuna Arena, Praha, Rep. Cheska.

West Ham Singkirkan AZ, Fiorentina Kalahkan Basel

Di babak semifinal, West Ham menang mutlak atas wakil Belanda, AZ. Pasalnya, dari dua leg semifinal yang digelar, The Hammers memenangi kedua pertandingan tersebut dengan agregat 3-1.

Sementara itu, Fiorentina lolos dengan cara yang cukup dramatis. La Viola kalah 1-2 di leg pertama saat tampil di kandang sendiri. Namun, di leg kedua yang digelar di markas Basel, mereka mampu menang 3-1 lewat babak tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *