• February 23, 2024

Jerman Kawinkan Gelar EURO U-17 dan Piala Dunia U-17 2023

BolaMilenia.com – Jerman meraih gelar juara di pentas Piala Dunia U-17 2023 berkat kemenangan atas Prancis pada partai final di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (2/12/2023). Jerman pun berhasil mengawinkan dua gelar bergengsi pada tahun ini, EURO U-17 dan Piala Dunia U-17.

Kemenangan pada final Piala Dunia U-17 2023 diraih melalui drama adu penalti dengan skor 4-3. Babak adu penalti harus ditempuh Jerman dan Prancis lantaran sepanjang 90 menit lebih cuma bermain imbang 2-2.

Pada pertandingan tadi malam, Jerman unggul lebih dahulu pada menit ke-29 menyusul pelangaran pemain Prancis, Aymen Sadi, terhadap Bilal Yalcinkaya, di area terlarang. Paris Brunner yang menjadi algojo dengan mudah memperdaya kiper Prancis, Paul Argney demi membuka skor.

Gol penalti Bruner itu sekaligus menjadi satu-satunya yang tercipta sepanjang babak pertama. Lima menit memasuki babak kedua, Max Moerstedt memberikan umpan ke tiang jauh yang bolanya langsung disambut dengan sepakan oleh Noah Darvich demi kembali menjebol gawang Argney.

Satu menit berselang, Saimon Bouabre yang memperoleh ruang di sektor kanan pertahanan Jerman langsung menembakkan bola ke tiang jauh yang tak dapat dijangkau kiper Jerman, Konstantin Heide. Gol itu sekaligus memperkecil ketinggalan Prancis menjadi 1-2.

Jerman Perkasa Meski Kehilangan Satu Pemain

Timnas U-17 Jerman juara Piala Dunia U-17 2023 - FIFA World Cup 1
FIFA World Cup

Jerman harus bermain dengan 10 pemain setelah Winners Osawe memperoleh kartu kuning kedua akibat pelanggaran ke Bouneb. Prancis akhirnya bisa menyamakan skor pada menit ke-84. Tidiam Gomi melepaskan umpan silang yang dengan mudah disontek Mathis Amougou dari jarak dekat hingga membuat skor 2-2 dan bertahan sampai waktu normal berakhir.

Skor 2-2 memaksa duel dilanjutkan ke babak adu penalti. Dari 6 eksekutor Jerman, hanhya dua yang gagal menaklukkan gawang Argney dan empat lainnya berhail. Sementara, tiga algojo Prancis gagal dan cuma dua yang berhasil sehingga Jerman menang adu penalti dengan skor 4-3.

Bagi Jerman, ini adalah gelar perdana di ajang Piala Dunia U-17 setelah sebelumnya hanya pernah sekali melaju ke final pada edisi 1985. Sementara bagi Prancis, keberhasilan menjadi juara pada 2001 gagal diulanginya tahun ini.

Selain itu, Jerman juga mengulangi kejayaan pada EURO U-17 2023. Mirip seperti Piala Dunia U-17 2023, Jerman juga menjuarai EURO U-17 tahun ini dengan mengalahkan Prancis melalui adu penalti 5-4 di laga final.

Paris Brunner Golden Ball Piala Dunia U-17 2023 - DFB_Junioren
FIFA World Cup

PENGHARGAAN PIALA DUNIA U-17 2023

Juara: Jerman
Runner-up: Prancis
Peringkat Ketiga: Mali

Golden Ball: Paris Brunner
Silver Ball: Hamidou Makalou
Bronze Ball: Mathis Amougou
Golden Boot: Agustin Ruberto
Silver Boot: Ibrahim Diarra
Bronze Boot: Claudio Echeverri
Golden Glove: Paul Argney
Fair Play: Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *