• February 24, 2024

Jadwal Babak Perempat Final Tanpa Indonesia

BolaMilenia.com – Sebanyak 8 tim sudah memastikan tempat di babak perempat final Piala Asia 2023. Timnas Indonesia, yang kalah 0-4 dari Australia beberapa hari lalu, dipastikan tak turut berpartisipasi pada babak perempat final.

Iran menjadi tim terakhir yang melaju ke babak perempat final. Keberhasilan Tim Melli lolos diraih setelah menang adu penalti 5-3 atas Suriah, Rabu (31/1/2023). Padahal Iran bermain dengan 10 orang pada laga tersebut.

Kartu merah diterima Iran pada pengujung babak kedua menyusul kartu kuning kedua akibat pelanggaran yang dilakukan Mehdi Taremi. Padahal, Taremi menjadi pencetak gol pertama Iran saat membobol gawang Suriah melalui titik penalti pada menit ke-34.

Setelah gol penalti Taremi, Suriah berhasil membalas pada menit ke-64. Gol juga dicetak melalui penalti oleh Omar Khribin. Gol itu membuat skor 1-1 menghiasi duel kedua tim dan bertahan sampai akhir babak perpanjangan waktu.

Iran akhirnya memastikan langkah ke babak perempat final setelah menang adu penalti 5-3. Kiper Iran, Alireza Beiranvand, menjadi pahlawan setelah mampu menepis bola eksekusi satu pemain Suriah, Fahad Youssef.

Tim Kejutan di Babak Perempat Final

Marselino Ferdinan Timnas Indonesia vs Jepang Piala Asia 2023 - PSSI
PSSI

Pada babak berikutnya, Iran akan menghadapi Jepang, yang beberapa jam sebelumnya memastikan tiket lolos setelah menang 3-1 atas Bahrain. Laga ini juga menandai penampilan perdana bintang Jepang, Kaoru Mitoma, meski gagal menyumbang gol atau assist.

Pemenang laga Iran melawan Jepang nantinya akan menghadapi Qatar atau Uzbekistan yang juga bertemu di babak perempat final pada hari sama, Sabtu (3/2/2023). Qatar melaju setelah menang 2-1 atas Palestina, sedangkan Uzbekistan menyingkirkan Thailand dengan skor sama.

Di jalur berbeda, akan tersaji dua laga perempat final lain, masing-masing antara Australia melawan Korea Selatan serta Tajikistan menghadapi Yordania. Australia menjadi tim pertama yang lolos berkat kemenangan 4-0 atas timnas Indonesia.

Tajikistan menyusul Australia setelah secara dramatis menyingkirkan Uni Emirat Arab melalui adu penalti 5-3. Tajikistan di bawah asuhan Petar Segrt sukses menciptakan sejarah melaju ke babak perempat final pada penampilan perdana mereka di Piala Asia.

Lolos melalui adu penalti juga harus dijalani Korea Selatan ketika menyingkirkan Arab Saudi. Bermain imbang 1-1 sepanjang 120 menit, Korsel menang 4-2 dalam adu penalti berkat kesigapan kiper mereka, Cho Hyun-Woo, yang menggagalkan upaya dua algojo Arab Saudi.

Satu tim lain, Yordania, melaju ke perempat final setelah menang dramatis 3-2 atas Irak. Sempat ketinggalan 1-2, Yordania mampu berbalik unggul melalui dua gol pada injury time babak kedua.

Jadwal Babak Perempat Final Piala Asia 2023

2 Februari 2024
18:30 WIB – Tajikistan vs Yordania (Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan)

2 Februari 2024
22:30 WIB – Australia vs Korea Selatan (Al Janoub Stadium, Al Wakrah)

3 Februari 2024
18:30 – Iran vs Jepang (Education City Stadium, Al Rayyan)

3 February 2024
22:30 WIB – Qatar vs Uzbekistan (Al Bayt Stadium, Al Khor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *