• February 23, 2024

Erick Thohir Minta PSSI Buka Semua Data Keuangan untuk Diaduit

BolaMilenia.com – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir meminta induk sepak bola Indonesia yang dipimpinnya tersebut membuka secara gamblang semua data keuangan. Hal tersebut berkaitan dengan proses audit forensik yang dilakukan oleh firma Ernst & Young.

Erick mengatakan jika langkah ini merupkan bukti jika dirinya ingin benar-benar membuat PSSI menjadi bersih. Dia pun mengaku sudah memerintahkan Sekretaris Jenderal PSSI untuk memberikan semua data yang dibutuhkan.

“Ini bukti saya serius ingin bersih-bersih, baik PSSI maupun di Liga. Di tahap awal ini, PSSI dulu karena sebagai induk organisasi bisa ditelusuri mulai dari aturan, kebijakan, hingga struktur keuangan,” kata Erick.

“Saya sudah perintahkan Sekjen agar bagian keuangan PSSI membuka semua data supaya transparan dan bisa diaudit secara maksimal,” sambungnya.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir - PSSI
PSSI

Pihak auditor sendiri sudah mendatangi langsung kantor PSSI pada Rabu (26/4) lalu. Mereka meminta data-data yang meliputi badan hukum, struktur organisasi PSSI, sampai laporan keuangan sejak 2017 hingga 2023.

Tak hanya itu, sistem akuntansi yang digunakan PSSI juga diminta oleh pihak auditor. Kemudian, alokasi penggunaan sumber dana dari FIFA dan AFC serta hubungan kerja sama dengan PT Liga Indonesia Baru juga ikut diperiksa.

Erick Sebut Audit Bersifat Krusial

Lebih lanjut Erick mengatakan jika audit yang dilakukan ini sangatlah krusial. Tujuannya agar ada kejelasan dalam hal pengelolaan keuangan yang ada di PSSI selama ini.

“Audit ini krusial agar ada kejelasan dan perbaikan pada pengelolaan keuangan pada seluruh pemangku kepentingan sepak bola di Indonesia. Kami yang ditugaskan untuk membersihkan harus ambil sikap,” tegas Erick.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *