• March 2, 2024

Daftar Lengkap Wakil Italia di Kompetisi Eropa

BolaMilenia.com – Seluruh pertandingan di Liga Italia musim 2022-23 telah rampung digelar. Sebanyak tujuh tim dipastikan bakal tampil pada tiga kompetisi Eropa di musim depan. Siapa saja mereka?

Peraih Scudetto, yakni Napoli akan menempati pot pertama atau pot unggulan untuk Liga Champions musim depan. Selain Napoli, ada Lazio yang berhak lolos ke Liga Champions dengan status runner-up Liga Italia.

Dua tempat lainnya akan diisi oleh dua tim asal Kota Milan, yakni Inter Milan dan AC Milan. Meskipun Inter masih berpotensi untuk jadi juara Liga Champions musim ini, tapi wakil Italia di kompetisi tersebut tetap empat tim.

Kemudian di kompetisi antarklub kasta kedua di Eropa, yakni Liga Europa, akan ada Atalanta dan AS Roma. Kedua tim tersebut baru bisa memastikan tiket ke Liga Europa, dengan kemenangan di pekan terakhir.

Juventus vs Cremonese - Juventus
Juventus

Satu wakil terakhir, yakni untuk tampil di Liga Konferensi menjadi milik Juventus. Meski meraih kemenangan di pekan terakhir, Juventus tak mampu merangsek ke zona Liga Europa, karena Atalanta dan Roma juga meraih kemenangan.

Andai Juventus tak mengalami hukuman pengurangan 10 poin, susunan wakil Italia di kompetisi Eropa akan berubah. Juventus akan ke Liga Champions, Milan ke Liga Europa, dan Roma bermain di Liga Konferensi.

Italia Berpotensi Menambah Wakil di Kompetisi Eropa

Tujuh tim memang sudah dipastikan berlaga di kompetisi Eropa musim depan. Akan tetapi, Italia berpotensi menambah satu wakil lagi, yakni Fiorentina. Dengan catatan, La Viola bisa menjadi juara Liga Konferensi.

Pada partai final Liga Konferensi yang digelar pada Kamis (8/6) dini hari WIB, Fiorentina akan menantang West Ham United. Pemenang di partai ini, akan memastikan satu tiket ke fase grup Liga Europa musim depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *