• March 2, 2024

Daftar Klub yang Pernah Juara LaLiga dan Spanyol Liga 2

BolaMilenia.com – Setiap musim ada 22 tim Spanyol Liga 2 yang berjuang untuk mendapatkan jatah promosi ke LaLiga. Mereka berupaya untuk bisa masuk tiga besar agar bisa berkompetisi di Liga Spanyol pada musim berikutnya.

Dari sekian banyak klub yang pernah menjuarai kasta kedua Liga Spanyol, ternyata diantara mereka ada yang pernah menjadi juara di LaLiga. Hal ini mengindikasikan bahwa semua tim memiliki kesempatan yang sama untuk tampil baik di LaLiga atau terdegradasi ke Segunda Division.

Lantas siapa saja tim yang pernah menjuarai LaLiga dan Segunda Division? Simak penjelasan berikut!

Klub yang Pernah Juara LaLiga dan Spanyol Liga 2

Atletico Madrid

Atletico Madrid merupakan salah satu raksasa Liga Spanyol. Tim yang bermarkas di kota Madrid ini mengoleksi 11 gelar juara Liga Spanyol. Mereka adalah tim ketiga dengan gelar LaLiga paling banyak. Tidak hanya itu, Atletico juga beberapa kali tampil apik di kompetisi Eropa, entah itu Liga Champions atau Liga Europa.

Atletico Madrid/Marca

Namun, Atletico pernah berada di masa sulit dan membuat mereka harus turun ke kasta kedua Liga Spanyol. Hal itu terjadi di musim 1999/2000. Tidak butuh waktu lama bagi Atletico untuk kembali naik kasta. Di musim berikutnya mereka juara Segunda Division dan promosi ke LaLiga.

Valencia

Selain Atletico Madrid, Valencia juga merupakan salah satu tim yang punya catatan manis di LaLiga. Mereka pernah juara kompetisi tertinggi Spanyol tersebut sebanyak 6 kali. Di era 2000an awal Valencia bahkan pernah juara dua kali, yakni musim 2001/2002 dan 2003/2004.

Jauh sebelum juara di tahun 2000an awal, Valencia pernah degradasi pada tahun 1980an. Beruntungnya pada musim 1986/1987 Los Che berhasil juara kompetisi kasta kedua Liga Spanyol dan promosi ke LaLiga.

Deportivo La Coruna

Bersama dengan Valencia, pada periode 2000an awal Deportivo La Coruna sempat menjadi pesaing terkuat tim papan atas LaLiga. Pada musim 1999/2000 mereka bahkan meraih gelar juara Liga Spanyol. Tidak hanya di kompetisi domestik, La Coruna juga tampil ciamik di kompetisi Eropa.

Namun pada musim 2010/2011, Deportivo harus degradasi ke Segunda Division, mereka finish di peringkat ke-18 LaLiga. Pada musim berikutnya mereka berhasil juara Segunda dan naik kasta. Sayang di musim berikutnya Deportivo La Coruna kembali turun kasta dan hingga kini belum kembali lagi ke LaLiga.

Sevilla

Sebagai tim dengan gelar juara Liga Europa terbanyak, ternyata Sevilla pernah beberapa kali turun kasta di Liga Spanyol. Namun kemudian mereka kembali ke LaLiga dengan menjuarai Segunda Division. Gelar juara Segunda terakhir yang pernah mereka raih adalah pada musim 2000/2001.

Di LaLiga Sevilla juga pernah punya catatan manis. Mereka pernah meraih gelar juara pada musim 1945/1946.

Real Betis

Real Betis/Marca

Sepanjang sejarah klub, Real Betis pernah menjuarai Liga Spanyol pada musim 1934/1935. Sejak saat itu Real Betis belum mendapatkan gelar juara lagi. Namun, tim yang bermarkas di Stadion Benito Villamarin ini mengoleksi 7 kali juara Segunda Division. Terakhir kali mereka juara adalah pada musim 2014/2015.

Real Sociedad

Real Sociedad

Real Sociedad sempat menjalani masa jaya pada tahun 1980an. Mereka bahkan pernah juara LaLiga secara beruntun pada musim 1980/1981 dan 1981/1982. Di musim selanjutnya mereka juga meraih gelar Piala Super Spanyol.

Selain gelar juara LaLiga, Real Sociedad juga mengoleksi 6 gelar juara Segunda Division. Gelar keenam mereka raih pada musim 2009/2010.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *