• March 2, 2024

Berita Bola Terbaru 6 Oktober 2023

BERITA BOLA TERBARU DAN TERKINI

HASIL PERTANDINGAN

Liverpool sukses menekuk Union Saint Gilloise. Laga matchday 2 Grup E Liga Europa 2023/24 yang digelar di Anfield itu berakhir dengan kemenangan 2-0 Liverpool atas perwakilan Belgia itu, Jumat (6/10) WIB. Ryan Gravenberch mencetak gol pertama Liverpool di menit ke-44. Kemudian Diogo Jota menutup keran gol Liverpool di menit ke-90+2.

Wakil Inggris lainnya, West Ham United melanjutkan tren kemenangan usai menjungkalkan tuan rumah Freiburg di Grup A Liga Europa 2023/24 di Stadion Eropa Park, Freiburg. The Hammers unggul cepat pada menit ke-8 lewat aksi Lucas Paqueta. Di babak kedua, tuan rumah Freiburg menyamakan keadaan lewat gol yang dicetak gelandang Roland Sallai. Tim tamu berhasil memastikan tiga poin lewat gol yang diciptakan Nayef Aguerd pada menit ke-66 usai menerima umpan James Ward Prowse.

ROBERTO DE ZERBI PUJI REAKSI BRIGHTON

Brighton harus puas meraih hasil seri lawan Marseille pada matchday 2 Grup B Liga Europa 2023/24. Kedua tim bermain imbang 2-2 pada laga di Stadion Velodrome. Pelatih Brighton, Roberto De Zerbi memuji reaksi luar biasa dari anak asuhnya setelah mereka mampu bangkit dari ketertinggalan dua gol atas Marseille dan tetap menjaga harapan mereka untuk melaju ke babak selanjutnya di ajang Liga Europa. “Saya sangat bangga dengan penampilan hari ini, dengan para pemain.” ucapnya.

BARCELONA TANPA LEWANDOWSKI DI EL CLASICO

Robert Lewandowski mengalami cedera. Pada hasil tes yang dilakukan Kamis pagi (5/10) waktu setempat mengemukakan bahwa pergelangan kaki kiri Lewandowski terkilir. Barcelona mengumumkan, penyerang berusia 35 tahun itu harus menepi tanpa menyebutkan berapa lama proses rehabilitasinya. Yang jelas, Barcelona tak bisa diperkuat sang striker untuk sementara waktu. Lewandowski dikabarkan berpotensi absen di El Clasico, akhir bulan ini, tepatnya 28 Oktober mendatang..

MESSI MASUK NOMINASI MLS AWARD

Lionel Messi secara luar biasa masuk nominasi untuk penghargaan MLS MVP 2023 – meski hanya bermain empat pertandingan liga untuk Inter Miami. Dari empat laga MLS tersebut, tiga diantaranya menjadi starter – di mana La Pulga telah mencetak satu gol dan memberikan dua assist. Messi diantara 30 orang yang terpilih untuk penghargaan ‘Landon Donovan MLS MVP’. Pemungutan suara untuk penghargaan dimulai pada 10 Oktober dan akan berakhir pada 23 Oktober. 

MESKI CEDERA, MESSI MASUK SKUAD ARGENTINA

Kapten Timnas Argentina Lionel Messi pada Kamis (5/10) masuk skuad tim Tango meski menderita cedera yang membuatnya absen membela Inter Miami. Predator berusia 36 tahun itu melewatkan empat pertandingan terakhir Miami karena masalah otot yang dideritanya bulan lalu. Argentina akan menjamu Paraguay dalam laga ketiga kualifikasi zona Amerika Selatan di Stadion Monumental di Buenos Aires pada 13 Oktober, sebelum menghadapi Peru di Stadion Nasional di Lima pada 18 Oktober.

PENYEBAB PSG DIKALAHKAN NEWCASTLE UNITED

Pengamat sepak bola asal Inggris, Rio Ferdinand, mengungkapkan alasan Paris Saint-Germain dipermalukan Newcastle United. Ferdinand menilai Newcastle memang bermain mengesankan selama bentrok kontra PSG. Di lain sisi, menurut Rio Ferdinand, PSG tampil sangat buruk sehingga mendapatkan hukuman dari The Magpies. Selain itu, mantan pemain MU itu menyoroti Kylian Mbappe dkk yang tampak malas dan kurang konsentrasi ketika menghadapi Newcastle.

HARRY MAGUIRE LAGI-LAGI DIPANGGIL TIMNAS INGGRIS

Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, memanggil 26 pemain untuk laga internasional Oktober 2023. Yang menarik, Harry Maguire lagi-lagi dipanggil meski tak lagi menjadi pilihan utama di Manchester United. Ini menjadi pemanggilan kedua Harry Maguire ke skuad The Three Lions usai bergulirnya musim 2023/24. Keputusan Southgate memanggil bekas pemain Leicester City itu pun menimbulkan tanda tanya sekaligus cibiran dari fans Timnas Inggris.

SERGIO RAMOS SEBUT WASIT UCL IDIOT

Bek Sevilla, Sergio Ramos mengecam wasit yang memimpin laga PSV vs Sevilla yang berakhir imbang 2-2. Gagalnya Sevilla menang tak lepas dari penalti yang didapatkan klub asal Belanda itu, akibat dari pelanggaran yang dilakukan Ramos di kotak penalti. Ramos tidak terima dengan keputusan yang dibuat Daniele Orsato. Secara khusus, dia menyoroti VAR yang dinilainya tak difungsikan sebagaimana mestinya. “Yang tersisa hanya wajah idiot Anda. Melihat hal-hal seperti itu, seorang wasit tidak boleh menjadi protagonis, apalagi Anda memiliki VAR,” tegasnya.

PANEL LIGA INGGRIS JUGA ANGGAP DIOGO JOTA TAK PANTAS DIKARTU MERAH

Selain gol Luis Diaz ke gawang Tottenham Hotspur yang dianulir, Liverpool juga dirugikan kartu merah Diogo Jota. Panel Insiden Penting Pertandingan Liga Inggris, yang terdiri dari lima orang, menyatakan, kartu merah Jota seharusnya tak diberikan wasit Simon Hooper di laga yang berlangsung pada 30 September lalu. Pemain The Reds tak seharusnya menelan kartu kuning keduanya. Tekel kedua Jota kepada Udogie disebut tidak layak dikartu kuning oleh wasit.

PAUL PARKER KRITIK PEDAS PERFORMA ANDRE ONANA DI MU

Kritikan keras kembali disuarakan oleh mantan pemain Manchester United, Paul Parker, terhadap kiper baru klub, Andre Onana, yang sering bikin blunder.  Parker menilai bahwa Onana harus fokus pada peran utamanya sebagai seorang kiper dan tidak terlalu berambisi untuk menjadi seorang gelandang. Menurut Parker, kemampuan dalam mengumpan bukanlah atribut penting yang harus dimiliki oleh seorang kiper. Yang paling penting adalah kemampuan untuk melakukan tugas utama seorang penjaga gawang, yaitu menghentikan tembakan lawan.

AL NASSR SEGERA REKRUT DEL PIERO

Legenda Juventus, Alessandro Del Piero, kabarnya tergoda dengan tawaran klub Arab Saudi, Al Nassr, untuk menjabat sebagai direktur olahraga. Tawaran tersebut kini dipertimbangkan secara serius oleh sang legenda Juventus. Menurut kabar dari Football Italia, kini dia akan segera terbang ke Riyadh untuk melakukan negosiasi. Jika Del Piero merapat ke Al Nassr, ia akan bekerjasama dengan Ronaldo.

SPANYOL DAN MAROKO BERSAING JADI TUAN RUMAH FINAL PILDUN 2030

Spanyol dan Maroko sama-sama bersaing untuk menjadi tuan rumah final Piala Dunia 2030. Dikutip Diario AS, dua negara tersebut sama-sama ngotot menyelenggarakan laga pamungkas Piala Dunia 2030. Spanyol pernah menjadi tuan rumah turnamen nan ikonik ini pada Piala Dunia 1982. Kala itu, Stadion Santiago Bernabeu menjadi venue partai final dan markas Real Madrid itu bakal melakukan hal serupa pada 2030. Sementara, Presiden Federasi Sepak Bola Maroko, Fouzi Lekjaa, mengungkapkan bahwa dirinya ingin melihat final 2030 berlangsung di Casablanca.

PELUANG INDONESIA DAN AUSTRALIA TUAN RUMAH PILDUN 2034

Piala Dunia 2034 jadi momen yang tepat bagi Indonesia untuk mewujudkan mimpi menjadi tuan rumah. Pasalnya FIFA sudah mengumumkan bahwa Piala Dunia 2034 bakal digelar di Asia atau Oseania. Indonesia dan Australia bisa bekerja sama sebagai dua tuan rumah untuk Piala Dunia sebelas tahun lagi. Pembicaraan kerjasama kedua negara untuk bidding host Piala Dunia ini sendiri sudah dimulai sejak 2019.  Federasi Sepak Bola Australia (FFA) sempat berdiskusi dengan PSSI soal peluang melakukan bidding untuk tuan rumah Piala Dunia 2034.

STY PANGGIL 3 PEMAIN BARU UNTUK LAWAN BRUNEI

Dua bintang Timnas Indonesia, Jordi Amat dan Yance Sayuri dicoret dari Shin Tae Yong untuk pertandingan melawan Brunei Darussalam dalam babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Keduanya tidak jadi diikutsertakan karena cedera. Sebagai gantinya, pelatih Timnas Indonesia memanggil pemain veteran Fachrudin Aryanto, serta dua pemain muda Dzaky Asraf, dan Hokky Caraka. Dengan begitu, skuad Garuda akan berkekuatan 26 pemain saat meladeni negeri tetangga tersebut.

PSM TAMPIL MEMALUKAN DI PIALA AFC

PSM Makassar betul-betul membuat Indonesia malu. Tampil di Piala AFC yang digelar di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Kamis (5/9), mereka tumbang 0-5 dari Sabah FC. Laskar Juku Eja kebobolan dua gol di babak pertama. Lalu ketambahan tiga gol lagi di 45 menit kedua.  Dengan hasil ini, Sabah naik ke puncak klasemen sementara grup H dengan enam poin, sedangkan PSM terpuruk di posisi juru kunci dengan nol poin, karena di laga pertama juga kalah dari klub Vietnam. 

XAVI: JANGAN BANDINGKAN YAMAL DENGAN MESSI

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez meminta publik agar tidak membandingkan Lamine Yamal dengan Lionel Messi. Ia mengacu pada nasib terkini para wonderkid yang dulu pernah mengalami hal serupa. Menurutnya, pemain yang sudah dibandingkan dengan Messi di masa lalu pada akhirnya tak ada yang berakhir baik. “Benar bahwa ada ekspektasi yang tinggi, dan di usia 16 tahun ia sudah bermain di level tinggi, sebuah hal yang amat bagus. Tetapi mari kita semua menanti apa yang terjadi di masa depan tanpa membandingkan ia dengan Messi.”

TURKI MUNDUR DARI PENCALONAN TUAN RUMAH EURO 2028

Inggris dan Irlandia menjadi calon kuat tuan rumah bersama Euro 2028 setelah salah satu calon lainnya, Turki menarik diri. Komite eksekutif UEFA minggu depan akan memutuskan negara yang akan menjadi tuan rumah Euro 2028 di Swiss pasca mundurnya Turki. Berkas penawaran Inggris dan Irlandia secara resmi diserahkan pada April lalu. Presentasi (di Nyon, Swiss pada 10 Oktober) akan menjadi bagian penting dari proses yang akan mempertimbangkan isi pengajuan penawaran sebelum mengambil keputusan, kata UEFA.

AS ROMA DAPAT SPONSOR BARU

Jersey AS Roma musim ini tak akan lowong lagi pada bagian yang biasa ditempati logo sponsor. Hal itu terjadi setelah I Lupi menjalin kesepakatan dengan Riyadh Season untuk dua tahun ke depan. Kedua pihak pun semringah kala memperkenalkan dan meresmikan kerja sama ini. Pihak Giallorossi memasang foto saat perwakilan klub dan Riyadh Season menandatangani kesepakatan sponsorship ini. Untuk diketahui, Riyadh Season adalah sebuah nama acara yang biasa digelar di Arab Saudi.

ALPHONSO DAVIES GABUNG REAL MADRID DI MUSIM DEPAN?

Setelah David Alaba yang terlebih dahulu meninggalkan Bayern Munchen menuju Real Madrid. Nampaknya ada salah satu punggawa Bayern Munchen yang akan mengikuti jejak Alaba. Nama pemain tersebut adalah Alphonso Davies. Kesepakatan Davies saat ini berakhir pada tahun 2025 dan agennya telah mengakui bahwa dia bisa pergi. Bukan hanya Madrid, Chelsea dan Manchester City juga sudah menyatakan minatnya untuk merekrut pemain asal Kanada tersebut.

DUO MANCHESTER BEREBUT KAORU MITOMA

Dua klub raksasa Liga Inggris, Manchester United dan Manchester City tertarik untuk mendatangkan bintang Brighton asal Jepang, Kaoru Mitoma. Dilansir BBC, MU dan City dapat bersaing untuk mendapatkan tanda tangan Kaoru Mitoma di bulan Januari, ketika bursa transfer musim dingin dibuka. Pemain sayap asal Jepang ini tampil sensasional sejak menjadi salah satu pemain penting Brighton, namun The Seagulls akan mempersulit para pelamar.

GARA-GARA HAL INI, GETAFE UBAH NAMA STADION

Getafe telah menghapus nama mantan striker Spanyol, Alfonso Perez, dari stadion mereka setelah ia melontarkan pernyataan yang meremehkan pesepakbola wanita. Hal ini terjadi ketika Spanyol berurusan dengan skandal seksisme yang membayangi kemenangan bersejarah negara itu di Piala Dunia Wanita. Stadion ini diberi nama Coliseum Alfonso Perez ketika dibangun pada tahun 1998, dan sekarang hanya dikenal sebagai Coliseum.

BRIGHTON KEHILANGAN PEMAIN ANDALANNYA

Brighton harus kehilangan pemain andalannya dalam waktu cukup lama. Bek Brighton Pervis Estupinan akan absen selama sebulan karena cedera otot. Estupinan ditarik keluar pada babak kedua dalam kekalahan 6-1 hari Sabtu di Aston Villa. “Dia pemain penting yang harus kami coret. Kami harus tampil cukup baik untuk mendapatkan hasil tanpa pemain penting,” kata bos Brighton, Roberto de Zerbi.

KEMENANGAN GALATASARAY DI MARKAS MU AKAN DIKENANG BERTAHUN-TAHUN

Juru racik taktik Galatasaray, Okan Buruk, merasa sangat bahagia dengan kemenangan timnya atas Manchester United di Liga Champions 2023/24. Terlebih tiga poin itu didapat di Old Trafford. Menurutnya, kemenangan ini akan dikenang selama bertahun-tahun. Okan Buruk menganggap Galatasaray seharusnya bisa mencetak gol keempat ke gawang MU. Namun, mereka tidak bisa melakukannya meski unggul jumlah pemain setelah Casemiro memperoleh kartu merah pada menit ke-77.

BECKHAM SEBENARNYA TAK PERNAH INGIN PERGI DARI MU

Legenda Manchester United David Beckham mengungkapkan soal transfernya dari MU ke Real Madrid pada 2003 silam. Dalam film dokumenternya yang berjudul ‘Beckham’, ia mengaku sebenarnya tak punya niatan pergi dari United. Sebab, klub tersebut dianggapnya sebagai rumah baginya. Sir Alex Ferguson juga ditanya perihal transfer David Beckham dari Manchester United ke Real Madrid itu. Ia mengatakan Beckham sebenarnya bisa saja bertahan jika ia mau.

NAPOLI SIAPKAN KONTRAK BARU UNTUK OSIMHEN

Victor Osimhen sempat terlibat perseteruan dengan Napoli karena video ejekan di media sosial tiktok. Setelah Napoli menderita kekalahan 3-2 dari Real Madrid di Liga Champions, presiden klub Aurelio De Laurentiis menepis kekhawatiran bahwa insiden di media sosial telah mengancam negosiasi kontrak baru Osimhen. Laurentiis percaya kontrak baru Osimhen tidak ada hubungannya dengan video kontroversial tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *